Tokoh Kuat Calon Bupati Kerinci 2024, PAN 2 Pilihan

Ilustrasi kandidat Pilwako

 

Jambihariini, KERINCI – Sederet tokoh, politisi, pengusaha hingga birokrat dinilai layak maju Pilkada Kerinci 2024 mendatang. Mulai dari wilayah Kerinci bagian hilir ada nama Tafyani Kasim, Asraf. Wilayah tengah yakni Boy Edwar, Zainal Efendi.

Sedangkan wilayah Kerinci bagian mudik ada nama Fadli Sudria dan Monadi. Semua tokoh tersebut dinilai memiliki popularitas dan elektabilitas hingga layak mencalonkan diri sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati Kerinci mendatang.

“Pilkada Kerinci mendatang menarik untuk dilihat, karena banyak tokoh yang berpotensi maju. Apalagi inkumben tak bisa mencalonkan lagi, secara politik nama-nama tersebut memiliki peluang yang besar karena punya basis yang jelas,” kata Andrian saat seorang pemerhati politik

Lebih menarik untuk disimak yakni partai amanat nasional (PAN) yang memiliki dua kader untuk maju calon bupati. Fadli dan Monadi. Keduanya bisa dibilang punya kans besar maju 01. Walaupun salah satunya harus mengalah.

“PAN nanti tak mungkin mengusung keduanya untuk maju pilkada. Monadi atau Fadli tentu salah satu harus legowo. Bisa jadi nanti survei tertinggi yang akan menentukan. Tapi politik itu dinamis, segala kemungkinan bisa terjadi,” ungkapnya.

Memang secara hitung-hitungan politik Monadi dan Fadli tak mungkin maju keduanya, karena satu perahu dan berada di basis yang sama. “Kalau keduanya maju, tentu ini akan menguntungkan kandidat lain yang jadi kompetitor nanti. Ini akan menjadi pertimbangan yang berat juga bagi PAN, ” ulasnya.

Disisi lain Tafyani Kasim bisa dibilang kandidat bupati paling dikenal dari kerinci wilayah hilir sepeninggal mantan Wabup Kerinci Zainal Abidin. Disamping nama tokoh lain seperti Asraf yang juga sudah dikenal ditengah masyarakat. “Untuk pilkada bulan November 2024, sangat memungkinkan popularitas dan elektabilitas keduanya bersaing dengan yang lain, ” ujarnya lagi.

Sedangkan di Kerinci tengah, Boy Edwar sudah populer. Apalagi dengan gerakannya yang terus turun ke tengah masyarakat. Sehingga Wakil Ketua DPRD Kerinci ini disebut layak maju calon bupati kerinci.

Begitu pun dengan Zainal Efendi, Sekda Kerinci saat ini. Ia disebut punya pengaruh kuat di kerinci tengah, terutama kecamatan Air Hangat Timur maupun Depati tujuh, salah satu kecamatan dengan mata pilih terbesar di Kerinci. Sosok Zainal sebagai birokrat di Kerinci juga punya pengalaman di pemerintahan.

“Tapi politik ini bisa saja berubah apalagi Pilkada serentak masih cukup lama waktunya. Kandidat pun berpeluang bertambah seiring berjalannya waktu. Tapi untuk saat ini bisa dibilang inilah nama yang potensial untuk maju pilkada kerinci mendatang, ” pungkasnya. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here