TNI Gadungan Tipu Warga Diamankan Polres Kerinci

JAMBIHARIINI,KERINCI – Bimas Riadi, warga Lubuk Nagodang, Siulak, Kabupaten Kerinci harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia ditangkap karena telah melakukan penipuan dengan mengaku sebagai anggota TNI.

Kanit Pidum Satreskrim Polres Kerinci Ipda Hariyanta mengatakan, Bimas Riadi ditangkap saat berada di rumahnya,Kamis (2/3/2023).

“Kita tangkap karena diduga melakukan penipuan terhadap warga Desa Sungai Ning,” ujarnya.

Ditambahkannya, korban berjumlah dua orang, yakni Molnapri dan Aji Niadi. “Kerugian sementara Rp 34 Juta, terhadap dua korban. Untuk modus, kita periksa dulu,” tandasnya.

Informasi yang diperoleh Bimas Riadi melakukan penipuan terhadap warga dengan menjanjikan untuk lulus jadi anggota TNI. Namun, modus pelaku saat ini tengah dilakukan penyelidikan oleh Polres Kerinci.

Pelaku Bimas Riadi mengklaim dirinya sebagai anggota Intelkam Kodim 0417 Kerinci dengan pangkat pembantu letnan satu (Peltu).

Untuk meyakinkan korban, ia juga memiliki kartu tanda anggota (KTA) TNI. Namun lucunya di KTA pangkatnya adalah sersan kepala (Serka).

Selain itu, KTA yang dimiliki Bimas Riadi ditandatangani oleh Letkol M Reza. Namun, Letkol M Reza bukanlah Komandan Kodim Kerinci.

Polisi juga menyita seragam TNI, pangkat lengkap dan tas lanser TNI serta alat kesehatan. Polres Kerinci juga mengimbau kepada masyarakat, jika ada tertipu dengan pelaku diminta melaporkan kepada Polres Kerinci.

Terpisah, Dandim 0417 Kerinci Letkol Andi Irawan dikonfirmasi terkait adanya TNI gadungan ditangkap oleh Polres Kerinci mengatakan akan melakukan pengecekan.

“Terima kasih, saya cek dulu infonya,” kata Dandim melalui WhatsApp. (Ham)