Terkait Realisasi Vaksin di Kerinci, Begini Penjelasan Kadis Hermendizal

JAMBIHARIINI.COM, KERINCI– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal memberikan penjelasan terkait realisasi vaksin di Kabupaten Kerinci.

Dikonfirmasi awak media Senin (8/12/2021) di Kantor Bupati Kerinci, Kadiskes Hermendizal mengatakan menurut data capaian vaksinasi per tanggal 06 Desember 2021 realisasi vaksinasi pertama sudah mencapai 50 % , dan vaksinasi kedua sudah mencapai 30 %  dari target sasaran sebanyak 100%.

Kadiskes mengatakan bila dilihat dari jumlah penduduk Kabupaten Kerinci yang harus vaksin memang sekitar 192 ribu orang. Namun dari jumlah tersebut sangat banyak yang berada di luar daerah, selain itu sejumlah warga juga vaksin di luar daerah termasuk di kota Sungai Penuh. Sehingga data yang masuk tentu tidak terdata vaksin di Kerinci. 

“Jadi berkenaan dengan hal itu yang sudah vaksin di Kerinci kita sebenarnya cukup banyak, tapi kita terus mengejar target hingga 100 persen. Kalau warga Kerinci yang vaksin diluar Kerinci itu tidak masuk dalam data kita, walaupun penduduk Kerinci,” jelasnya kepada Jambihariini.com

Disamping itu ia menegaskan, untuk mengejar target realisasi vaksin yang ditentukan secara Nasional, perlu kerjasama yang baik antara semua stakeholder, terutama kerjasama dengan Pemerintah Desa.

Mengingat setiap desa sudah memiliki Tim Satgas Covid-19 yang bisa membantu Pemerintah Daerah, untuk melakukan pendataan terhadap siapa saja warga yang telah divaksin.

Sementara itu Sekda Kerinci menmabahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat terus dijalankan pemerintah Kerinci sampai saat ini. Terhitung pada akhir Desember ini, sudah sekitar 85% masyarakat Kerinci yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 untuk dosis pertama. Hal itu membuktikan bahwa pencapaian ini sudah melebihi 50% target sasaran, yang mana pemerintah menargetkan 100% orang mendapatkan vaksin . (*)
Editor: Hendri Dede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here