Soal PJ Gubernur Jambi, Pemprov Tunggu Petunjuk Kemendagri

Menteri Singapura saat bertemu dengan Gubernur Fachrori. Singapura tertarik berinvestasi di Jambi.

JAMBIHARINI.COM-Soal pengganti Fachrori nanti sebelum putusan MK masih ditunnggu pemprov Jambi petunjuk dari Kemendagri.

Sisa masa jabatan Gubernur Jambi Fachrori Umar periode 2016-2021 segera berakhir di 12 Februari mendatang yang seharusnya sudah ada penggantinya untuk meneruskan roda pemerintahan.

“Seharusnya seperti itu, tetapi karena ada gugatan jadi harus menunggu dari Kementrian,” ujar Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi Rachmad Hidayat saat di konfirmasi ketika mendampingi Gubernur Fachrori di Rumdis Bupati Tanjabbar, Selasa (26/1/2021).

Menurut Rahmad Hidayat, jika berdasarkan undang-undang penganti Gubernur ketika di sisa masa jabatan selesai, mestinya memang langsung ada penggantinya. Jikalau tertunda karena ada gugatan pasca Pilkada, maka itu akan diisi oleh Penjabat (Pj) Gubernur eselon I Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Itu belum ada pentunjuk atau ada yang lain, masih menunggu Kemendagri, kalau PLH itu belum tahu. Kalau undang-undang nya mengatakan itu digantikan oleh PJ, karena habis sisa masa jabatan,” jelasnya.

“Seharusnya kita di 12 Februari 2021 ini, ketika selesai jabatan secara otomatis, langsung ada penganti. Tapi karena ada gugatan ke MK bukan ke pemerintah, jadi harus menunggu masa sidang itu selasai,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here