Nenek 70 Tahun Kanker Ganas Butuh Bantuan, Dinas Sosial Kerinci Tak Ada Respon

Jambihariini.com – Terkait berita Yurmalina (70) seorang nenek Dusun telago indah desa Muara Semerah Mudik, kecamatan Air Hangat yang menderita kanker ganas dan butuh bantuan pemerintah, dinas sosial Kerinci yang menangani hal ini belum memberikan tanggapan.

Kadis Sosial Linda dikonfirmasi Jambihariini.com belum memberikan keterangan. Sementara informasi pihak keluarga membutuhkan bantuan pemerintah untuk biaya berobat maupun selama berobat.

Sebelumnya diberitakan Yurmalina (70) seorang nenek Dusun telago indah desa Muara Semerah Mudik, kecamatan Air Hangat, kabupaten Kerinci, hanya bisa terbaring lemah ditempat tidur hampir 1 tahun terakhir.

Nenek Yurmalina ini, mengidap penyakit Kanker Ganas di Hidungnya, bahkan hidungnya pun sudah tidak ada lagi setelah dilakukan operasi pada tahun 2019 lalu.

Saat ini nenek yang terbaring sakit itu hanya tinggal dan dirawat oleh cucunya Lela Febria Jelita (24) Karena Anaknya sudah meninggal pada tahun 2005 silam.

“Kanker Ganas yang dialami nenek saya pada dari tahun 2018 lalu, sudah Dua kali dioperasi ke Rumah Sakit M. Jamil Padang berobat, tapi tidak ada perubahan,”ungkap Lela Febria Jelita cucu dari nenek Yurmalina, pada Senin (08/03) kemarin.

Namun, karena keterbatasan biaya untuk berobat kata Lela neneknya tidak pernah lagi dibawa ke Padang (Sumatera Barat), meksipun berobatnya menggunakan BPJS.

“Walaupun Berobat pakai BPJS, tapi butuh biaya juga untuk makan dan kebutuhan lain di rumah sakit, suami saya hanya buruh bangunan yang membantu tukang saja pak. Makanyo kami dak lagi bawa ke Padang,”katanya.

Bahkan kondisi neneknya pun hampir 5 bulan terakhir makin memprihatinkan, hidungnya sudah tidak ada lagi matanya pun mulai tidak nampak lagi, kareba akibat penyakit yang dideritanya tersebut.

“Melihat sudah samar-samar atau kurang jelas lagi, jalan sudah tidak bisa lagi selama 5 bulan ini,”sebutnya.

Mirinya hingg saat ini selain bantuan dari Karang taruna desa setempat belum ada bantuan dari Pemerintah daerah atau Dinas terkait maupun dermawan yang membatu nenek Yurmalina.

“Cuma yang ada dari karang taruna desa lah yang ado, dari pemerintah daerah maupun dari Kecamatan belum ada,”ujarnya.

Dirinya berharap ada uluran tangan para dermawan dan pihak yang ingin membatu termasuk pemerintah untuk pengobatan Neneknya. “Rencana kita mau membawa untuk berobat ada tapi karena keterbatasan biaya, belum ada kita membawa ke padang,”harapnya.

Bagi yang ingin membantu sumbangan untuk nenek Yurmalina bisa menyerahkan langsung atau mengirim melalui rekening BRI No 556101023249539
A.n Lela Febria Jelita.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here