Kerinci Raih Berbagai Juara di HKP ke-50 Provinsi Jambi

Jambihariini, Kerinci – Hari Krida Pertanian (HKP) ke-50 tingkat Provinsi Jambi, dipusatkan di Lapangan Bola Desa Lubuk Pungguk Kecamatan Jangkat, kabupaten Merangin ditutup, Kamis (18/11/2022).
Peserta dari kabupaten Kerinci yang umumnya diikuti para petani didampingi pejabat struktural berhasil memboyong sederet juara pada HKP tersebut. Bahkan Bupati Kerinci DR H Adirozal bersama Sekda Kerinci Zainal hadir langsung mendampingi petani Kerinci di HKP tersebut.

Informasi diperoleh di antaranya juara 1 stand terbaik se-provinsi, juara 1 tebak cita rasa kopi se-provinsi, juara 2 bongkar pasang hand traktor se-provinsi, juara 2 membedakan tandan buah segar kelapa sawit, dan juara 3 bakiak putra se-provinsi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Kerinci Radium Halis dikonfirmasi, Kamis (17/11/2022) mengatakan peserta dari Kerinci yang terdiri dari petani-petani berprestasi sebagian besar pengurus dan anggota KTNA Kerinci. Mereka didampingi pejabat struktural lingkup DTPH, dinas perkebunan dan peternakan, serta dinas perikanan dan ketahanan pangan, beserta koordinator BPP.

“Alhamdulillah acara HKP berjalan baik sukses meskipun diguyur hujan. Kontingen kerinci terdiri dari petani yang berprestasi sebagian besar pengurus dan anggota KTNA kerinci dan didampingi oleh pejabat struktural lingkup DTPH, BUNNAK dan Dinas perikanan dan ketahanan pangan serta semua koordinator BPP, ” kata Kadis DTPH

Kadis Radium Halis mengatakan dengan diraihnya beberapa juara oleh kontingen kerinci menandakan petani kerinci sudah  maju. Dia mengatakan untuk stand pameran kita bersama Bunnak dan DPK sudah mempromosikan hasil-hasil produksi petani kita  dan hasil olahannya/hilirisasi.

“Di HKP ini mereka para petani dan PPL bisa berbagi informasi/ilmu dan mengikuti beberapa seminar untuk menambah potensi diri mereka sebagai petani yang handal, ” jelas Radium

Diketahui HKP Provinsi Jambi digelar selama tiga hari, diwarnai dengan berbagai lomba, bazaar, pameran dan hiburan, puncak KHP ke-50 secara resmi ditutup Gubernur Jambi H Al Haris, Kamis (17/11/2022).

Gubernur Al Haris katakan HKP sangat penting maknanya karena berlangsung ditengah-tengah inflasi, khususnya di bidang pangan yang mengganggu ekonomi Indonesia. Jambi termasuk daerah yang inflasinya tertinggi di Indonesia.

Inflasi itu bersumber dari komoditi pangan yang ada di daerah kita, diantaranya cabe, beras, bawang. Semua bisa diatasi. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here