Kembangkan Pariwisata, Kepala Desa Kasiro Ilir akan Sulap Sungai jadi Pantai

SAROLANGUN – Pemerintah Desa Kasiro Ilir, Kecamatan Batang Asai berencana akan mengembangkan sektor pariwisata untuk mendongkrak pendapatan dan ekonomi masyarakat setempat.
Pinggiran sungai yang awalnya hanya dijadikan lokasi pelabuhan kapal-kapal nelayan serta tempat mandi dan bermain bagi anak-anak dan masyarakat setempat, akan disulap menjadi sebuah pantai dan objek wisata lainnya yang menghasilkan bagi desa setempat.
Kepala Desa Kasiro Ilir, Sarpani saat dikonfirmasi mengatakan jika, tujuan utama dari pembangunan ini yakni untuk merevitalisasi  sungai guna memperbaiki kehidupan masyarakat dengan menata pinggiran sungai menjadi sebuah pantai untuk pengembangan sektor pariwisata.
“Sarolangun merupakan wilayah yang memiliki aliran sungai cukup panjang. Hanya saja, sangat sedikit yang mengembangkannya menjadi sebuah objek wisata. Padahal potensinya cukup baik. Untuk itu kita akan bangun sebuah pantai di pinggiran sungai Desa Kasiro Ilir,” kata Sarpani, Kamis (27/8).
Melalui anggaran Dana Desa (DD), pembangunan objek wisata ini nantinya akan kita lakukan secara bertahap. “Tahapan awal kita sudah bangun bronjong disepanjang tebing sungai. Kemudian akan kita lanjutkan dengan pengerukan dasar sungai, penimbunan pasir dipinggiran sungai hingga bangunan pendukung wisata,” paparnya.
Dijelaskannya, setelah pembangunan selesai dilaksanakan, wisata Pantai Sungai Desa Kasiro Ilir akan menawarkan beberapa pilihan wisata air yang diharapkan menjadi daya tarik bagi pengunjung.
“Tidak hanya pantai untuk bersantai atau sekedar berenang saja nantinya. Kita juga akan menyediakan wisata air seperti rafting atau arung jeram, tubing hingga menikmati pemandangan kawasan perbukitan, hutan alami hingga pertanian masyarakat menggunakan speed boat,” ujarnya.
“Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Dan pembangunan ini kita harapkan menjadi langkah tepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” tuntasnya. (ky3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here