Kecewa Terhadap Penggunaan Dana Desa,Puluhan Warga Air Mumu Demo Kades

JAMBIHARIINI,KERINCI – Sekitar 50 warga Desa Air Mumu, Kecamatan Gunung Raya Kerinci lakukan aksi unjuk rasa di kantor Kades, Kamis (2/2/2023). Informasi diperoleh demo dilakukan karena sejumlah warga kecewa terhadap Kepala Desa Air Mumu. Hingga berujung aksi demo di depan Kantor Pemerintahan Desa setempat.

Dalam aksi, warga menuliskan beberapa kekecewaan di karton menyebutkan permasalahan di desa. Puluhan aparat kepolisian pun menjaga ketat aksi demo Kades tersebut.

“Kuat dugaan kami dana Desa ditilap. Kades semakin makmur, rakyat menderita, kami tidak mau punya pemimpin koruptor,” tulis masyarakat dikarton alat kampanye.

Masyarakat meminta kepada Bupati Kerinci untuk memberhentikan Kades sebagai kepala Desa Air Mumu terkait dengan dugaan penyelewengan Dana Desa.

“Kami meminta Bupati Kerinci untuk memerintahkan Inspektorat melakukan Audit Khusus secara Transparan dan terbuka terkait Dana Desa Air Mumu tahun 2021 dan Tahun 2022, dan melibatkan Masyarakat dan BPD,” kutipan dalam surat tuntutan masyarakat.

Masyarakat juga meminta kepada Kejaksaan Negeri Sungai Penuh untuk memanggil dan memeriksa Kades Air Mumu, Kecamatan Gunung Raya.

“Kami akan melaksanakan aksi unjuk rasa lanjutan, sampai tuntutan masyarakat dikabulkan,” ungkapnya

Sementara itu, hingga berita ini dipublis, Kades Desa Air Mumu, Amrizal, belum berhasil dikonfirmasi terkait demo dari masyarakat tersebut.

Kapolsek Gunung Raya Hustoto dikonfirmasi Jambi Ekspres membenarkan adanya aksi unjuk rasa warga terkait anggaran dan desa tahun 2019 sampai 2021. Kapolsek mengatakan tadi pihaknya melakukan pengamanan dibantu dari SatPolpp, Kodim 0417.

“Iya sekitar 50 warga demo kepala desa terkait penggunaan dana desa. Kita lakukan pengamanan hingga akhirnya masa membubarkan diri. Suasana kondusif dan aman, ” jelas Kapolsek. (Ham)