Kandidat Kuat Cawako Sungai Penuh 2024, Ada Pengusaha Sukses

Nomor Urut Paslon Cawako di Pilwako Sungaipenuh 2020

 

Jambihariini, Sungai Penuh – Sejumlah politisi dan pengusaha kota Sungai Penuh disebut-sebut memiliki peluang untuk maju Pilwako 2024. Terutama untuk Calon Walikota.

Menurut pengamat politik, ada 8 tokoh yang punya potensi ataupun bisa didorong untuk maju Pilwako. Di antaranya petahana Ahmadi Zubir, Alvia Santoni. Selain itu Fikar Azami, Fajran, Harmen Putra, DEJ, Yoshadi, dan Nuzran Joher.

“Memang proses Pilwako masih lama, ada sekitar 2 tahun lagi kalau itu Oktober 2024. Tapi kita lihat tokoh-tokoh ini berpeluang dan punya potensi untuk maju Pilwako. Bisa dikatakan inilah tokoh-tokoh yang bisa didorong untuk mencalonkan jadi walikota, ” jelas pengamat Politik Bukhari Mualim

Bukhari menjelaskan, pertama untuk petahana Ahmadi Zubir. Sudah bisa dikatakan akan kembali maju nantinya, karena merupakan kader PDIP. Demikian juga dengan Alvia Santoni atau yang akrab disapa Antos. Wawako Sungai Penuh ini bahkan sudah bergabung ke partai dan menjadi ketua PPP Sungai Penuh. Sehingga baik Ahmadi maupun Antos sudah ada kendaraan politik nantinya di Pilwako.

“Petahana pastilah ada peluang, beliau juga kader PDIP, ditambah pak Antos sudah jadi ketua PPP artinya perahunya kan kesitu. Cuma kompetisinya kita tidak tahu nanti, apakah keduanya masih solid nanti atau bagaimana, ” jelas Dosen STIA ini

Disamping itu menurut Bukhari Mualim, nama Fikar Azami juga masih kuat di Sungai Penuh. Masih memiliki tim yang solid. Selain itu suara saat pilwako sebelumnya juga cukup tinggi.

“Ahmadi, Antos, Fikar itu kans untuk maju masih besar. Minimal masih ada tim dan pendukung, walaupun tidak 100 persen tapi minimal 50 persen masih bertahan. Cuma sejauh mana komunikasi politik ke depan kita belum tahu, ” katanya

Menariknya lagi, selain tiga politisi tersebut, ada nama kader partai lainnya. Yakni Fajran, Yoshadi, dan Nuzran Joher yang menurut pengamat politik memiliki peluang dan layak diperhitungkan di Pilwako Sungai Penuh.

Menurut Bukhari, peta politik di Sungai Penuh berbeda dengan Kerinci. Untuk Sungai Penuh pilwako banyak tokoh yang bisa maju. Seperti Fajran ketua Demokrat yang juga ketua DPRD Sungai Penuh. Yoshadi yang ketua PAN Sungai Penuh hari ini. Dan tokoh Sungai Penuh Nuzran Joher.

“Nama ini masih diperhitungkan. Terlepas beliau punya minat untuk maju atau tidak, tapi punya kekuatan dan mesin politik yang bisa digunakan untuk ke arah situ (Pilwako), ” bebernya

Selain itu ada dua nama dari kalangan pengusaha sukses. Harmen Putra dan Defitra Eka Jaya atau yang akrab dipanggil (DEJ). Menurut pengamat politik, pengusaha sukses di Jakarta asal Sungai Penuh Harmen Saputra dan DEJ ini juga layak diperhitungkan. Ini sebagai gambaran juga yang bisa terlibat dalam konstelasi politik di kota Sungai Penuh. Karena keduanya punya potensi untuk didorong kesitu, Pilwako nantinya.

“Hanya saja, kalau kandidat diluar orang partai inikan tergantung seperti apa dorongan dari masyarakat nanti. Artinya kedua pengusaha sukses ini layak didorong untuk mencalonkan diri di Pilwako, ” jelasnya. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here