Kadinkes Hermendizal Buka Acara Optimalisasi Dana Desa Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Jamnihariini, Kerinci– Kepala Dinas Kesehatan Hermendizal Membuka acara Optimalisasi Dana Desa Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kerinci. Dengan adanya pandemi Covid-19, menjadikan angka kasus stunting meningkat. Hal itu berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 kasus stunting sebesar 32 persen dari jumlah anak lahir, tahun 2018 menurun menjadi 26 persen, di tahun 2019 menurun menjadi 22,9 persen, di tahun 2020 meningkat menjadi 24,97 persen.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kerinci  dalam kegiatan Optimalisasi Dana Desa Dalam Percepatan Penurunan Stunting, yang Acara di Narasumber oleh Dinas DPMD, BAPPEDA, PPKKPPPA, Moderator Dari DinKes Kasi Kesga dan Gizi, dan di Hadiri Kepala Puskesmas, Kader Posyandu,dan Undangan di Ruang Pola DinKes. 31/08/2022

“Kepala Dinkes Hermendizal dalam sambutannya Mengatakan, Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan membangun Indonesia mulai dari daerah  pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan merupakan jabaran dari nawacita ke-5 dan ke-3. Upaya menghadirkan generasi emas Indonesia ini dibayangi kehadiran stunting yang masih mengancam.

“Dimulai tahun 2015, Pemerintah Republik Indonesia menganggarkan dana desa dalam kelompok mata anggaran belanja transfer ke daerah. Dana desa yang berasal dari pemerintah pusat akan ditransfer ke pemerintah daerah kabupaten yang kemudian diterukan ke kecamatan yang selanjutnya dibagi kepada setiap desa sesuai dengan RAPBDes yang telah disetujui.” Kata Kepala Dinkes

Dengan adanya dana desa, dapat memberikan hak otonomi kepada desa untuk mengelola dana desa tersebut secara mandiri untuk membangun desa tersebut dan mensejahterakan masyarakat di dalamnya.

Penanggulangan stunting di desa merupakan salah satu program prioritas nasional dan juga masuk ke dalam program prioritas pembangunan desa.

Secara umum stunting dapat diartikan sebagai kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan dengan orang lain pada seusianya.

Secara ilmiah stunting merupakan kondisi gagalnya tumbuh pada anak balita yang diakibatkan dari kekurangan gizi yang kronis yang menyebabkan seorang anak terlalu pendek untuk seusianya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here