Jangan Ada Pungli di Objek Wisata, Tarif Parkir Harus Sesuai Perda

Peunjung objek wisata danau Kerinci, Sanggarang Agung Sabtu (15/5/2021).

Jambi– Setelah selama dua tahun terakhir ditiadakan, akhirnya pemerintah mengadakan cuti bersama pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang. Bahkan masyarakat sudah dapat memanfaatkan cuti bersama hari raya untuk bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga dan teman di kampung halamannya.

Dengan diperbolehkannya mudik pada tahun ini, maka ada kemungkinan akan terjadi lonjakan wisatawan yang berwisata di Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci Juanda Sasmita mengatakan, untuk menyambut libur Hari Raya Idul Fitri, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan mekanisme aturan pada setiap objek wisata. Mengingat pada libur hari raya nanti objek wisata milik pemerintah akan kembali dikelola oleh pihak ketiga seperti pada tahun sebelumnya.

“Kami sedang negoisasi dengan pihak ketiga, mudah-mudahan dalam minggu ini selesai, terutama terkait parkir dan tiket masuk yang sering menjadi permasalahan dan yang paling sering terjadi di danau. Kami mencoba untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat  dan warga pemilik tanah, agar masyarakat tidak terganggu, setidaknya bajet yang diminta tidak terlalu tinggi atau bila perlu tidak ada pungutan lain, selain untuk parkir dan retribusi masuk,” jelasnya, Sabtu (16/04/2022).

Ditambahkannya, meskipun berbagai kebijakan kelonggaran telah dikeluarkan oleh pemerintah dan sebagian besar masyarakat sudah melaksanakan vaksinasi dosis satu dan dosis dua, bahkan ada yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis tiga. Namun pihaknya akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada pengelola maupun pengunjung objek wisata, minimal setiap  orang yang berada di lokasi objek wisata wajib menggunakan masker.

“Aturan ini nantinya juga akan berlaku bagi pengelola objek Wisata milik swasta atau BUMDes, agar tidak menimbulkan kasus baru penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Kerinci,”tutupnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here