Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Wury Silaturahmi dengan Warga Binaan Lapas Perempuan di Jambi

 

Jambihariini, Jambi – Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kamis, 20 Oktober 2022. Di sana, Ibu Iriana dan Ibu Wury bersilaturahmi dengan para warga binaan lapas serta melihat hasil karya produk yang telah dibuat oleh para warga binaan.

Saat memberikan keterangan usai kunjungan, Ibu Iriana menyampaikan harapannya agar para warga binaan dapat bekerja secara mandiri dengan menghasilkan produk-produk lainnya usai keluar dari lapas.

“Iya ini tadi (silaturahmi) sama ibu-ibu warga binaan yang ada di sini. Kelihatannya semua ceria ya Bu, tapi enggak tau isi hatinya bagaimana karena dalam kondisi di penjara. Yang pasti, saya berharap keluar dari sini bisa mandiri,” ujar Ibu Iriana.

Senada, Ibu Wury Ma’ruf Amin juga mengaku terharu saat bertemu dengan para warga binaan Lapas Perempuan Kelas II B Jambi. Ibu Wury pun berharap para warga binaan dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat setelah keluar dari lapas.

“Semoga mereka kuat, sehat, dan terus sabar menghadapi cobaan, dan keluar dari sini bisa lebih manfaat untuk masyarakat,” ucap Ibu Wury.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lapas Perempuan Kelas II B Jambi, Triana Agustin, menjelaskan bahwa produk yang dihasilkan oleh para warga binaan cukup beragam, seperti tas, bunga, dan batik. Sementara untuk pemasaran, Triana mengatakan, produk hasil karya warga binaan dipasarkan melalui media sosial maupun pemesanan secara langsung di lapas.

“Kalau masalah penjualan itu kami sudah banyak pemasarannya, baik itu dalam promosi Instagram dan juga kami bisa pesanan secara langsung ke lapas. Jadi kalau untuk batik, kami sudah banyak sekali penjualan batik kami,” kata Triana.

Atas kehadiran Ibu Iriana dan Ibu Wury beserta anggota OASE KIM di lapas, Triana mengaku senang karena dapat menunjukkan kreativitas warga binaan lapas perempuan yang tidak kalah menarik dengan produk di luar lapas. Triana pun berharap, dari kunjungan tersebut, Ibu Iriana dan Ibu Wury dapat melihat upaya yang dilakukan lembaga pemasyarakatan dalam mengembalikan warga binaan ke masyarakat.

“Mereka juga diberikan pelatihan yang bersertifikat. Dengan itu, Ibu Negara bisa melihat bagaimana kerja keras dari pemasyarakatan mengembalikan para warga binaan ini ke masyarakat dengan bekal yang nantinya bisa berguna,” lanjutnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here