Gunung Kerinci Kembali Mengeluarkan Asap Warga Diminta Waspada

JAMBIHARIINI,KERINCI – Pasca dinyatakan erupsi pada tanggal 19 Oktober 2022, Status gunung Kerinci hingga hari Ini, Minggu (06/11/2022) Waspada level II.

Berdasarkan pantauan, Gunung Kerinci saat ini masih mengeluarkan semburan biasa, secara visual asap putih kekuningan mengarah barat daya.

Petugas Pramu informasi/pariwisata TNKS Kemen LHK, Maryono, ketika dikonfirmasi mengenai situasi terkini Gunung Kerinci mengatakan, hingga siang hari ini Gunung Kerinci ditutupi awan.

Untuk informasi saat ini gunung kerinci tidak ada erupsi cuma semburan biasa secara visual asap putih kekuningan mengarah barat daya,” Kata Maryono.

Sudah memasuki pekan ketiga pasca dinyatakan erupsi pada tanggal 19 Oktober lalu, Maryono menjelaskan bahwa untuk gunung kerinci saat masih di waspada level II.

“Status gunung kerinci saat ini masih waspada level 2, sedangkan untuk pendakian di tutup sampai waktu yang belum ditentukan sambil menunggu kondisi aman,” ujar pria yang akrab disapa dengan sebutan Dudung ini.

Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Api, Pos pengamatan Gunung Api Kerinci, periode pengamatan tanggal 5 November 2022, pukul 00.00 WIB hingga 24.00 WIB, Gunung Kerinci jelas hingga kabut 0-II.

Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dan coklat dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 200-300 m di atas puncak kawah.

Tingkat Aktivitas Gunung Kerinci Level II (Waspada), Rekomendasi:

1. Masyarakat disekitar gunung api kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III).

2.Sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here