Festival Kerinci Di Gelar 6 Hingga 9 November 2022

JAMBIHARIINI,KERINCI – Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) pada tahun ini kembali akan menggelar Festival Kerinci yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara.

Ajang promosi wisata yang digelar di kawasan Danau Kerinci itu akan dilaksanakan mulai 6 hingga 9 November 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci, Juanda Sasmita mengatakan, tema Festival Kerinci tahun ini adalah “Harmoni Alam dan Budaya”.

“Ada beberapa perlombaan yang akan digelar yakni tari Mlmassal, seni tradisi, lagu daerah, kuliner tradisional, videografi, fotografi, fashion show dan Kerinci Expo,” kata Juanda, Senin (10/10/2022).

Juanda menyebutkan untuk jadwal sudah final, pembukaannya tanggal 6 November dan penutupan 9 November 2022, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kerinci ke-64.

Setelah paripurna HUT Kabupaten Kerinci ke-64, tamu undangan langsung menuju Dermaga Danau Kerinci untuk penutupan Festival Kerinci,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disparbud Kerinci, Syatrul Herri mengatakan, untuk rangkaian kegiatan diantaranya penampilan seni dan budaya ini nantinya juga akan tampil dari luar daerah.

“Kita juga akan menampilkan Seni dan Budaya dari luar Propinsi Jambi seperti tamu dari Sumatera Barat dan Bengkulu,” ujarnya.

Sedangkan untuk lomba lagu daerah dan kuliner, pesertanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan di lingkup Pemkab Kerinci.

“Untuk fashion show peserta wajib mengunakan batik khas Kerinci, namun untuk lomba cinderamata peserta boleh dari Bumdes dan pelaku usaha, kita ingin peserta mengunakan bahan atau sumber daya alam Kerinci seperti kopi, teh dan kayu manis,” jelasnya.

Ditanya jumlah tamu undangan yang akan diundang, Kabid Pariwisata Kerinci ini menyebutkan untuk tamu undangan yakni dari Kementerian Pariwisata, anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi, Gubernur Jambi, Pemprov Jambi, Kepala Daerah di Provinsi Jambi, Kepala Daerah Provinsi Tetangga dan Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) seluruh Indonesia.

“Untuk penutupan lokasinya belum final, karena pas rapat kemarin dipimipin pak Asisten, makanya kami akan menghadap pak Bupati untuk kepastian lokasi penutupan,” tutupnya. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here