Bupati Pantau dan Koordinasi dengan Pos Pemantau Gunung Kerinci

Kerinci – Bupati Kerinci Dr.H. Adirozal, M.Si, Selasa (01/11/2022) kemarin melakukan pemantauan dan koordinasi dengan petugas Pos Pemantauan Gunung Api (PPAG) di Kayu Aro, terkait dengan meningkatnya aktivitas Gunung Kerinci beberapa minggu terakhir ini.
Dalam pemantauan ini, hadir juga Dandim 0417/Kerinci, Letkol Inf Ikhsanudin S.Sos.M.M, Kapolres Kerinci, Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, Zainal Efendi, SP. M.Si dan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Darifus.
Laporan Petugas Pos Pemantau Gunung Api tertanggal (30/10/2022) ke Magma Indonesia menuliskan untuk cuaca terlihat cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur laut. Suhu udara sekitar 18-24°C. Kelembaban 67-71%.
Sedangkan pengamatan Visual, Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis tinggi sekitar 100 meter dari puncak.
“Untuk pengamatan Kegempaan, ada 54 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 0.5-7 mm, dan lama gempa 10-25 detik. 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 12 mm, S-P tidak teramati dan lama gempa 27 detik dan 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5-2 mm, dominan.(ham)