Bupati Adirozal Pantau Situasi Gunung Kerinci

JAMBIHARIINI,KERINCI – Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si, melakukan pemantauan dan koordinasi dengan petugas Pos Pemantauan Gunung Api (PPAG) di Kayu Aro, terkait dengan meningkatnya aktivitas Gunung Kerinci beberapa minggu terakhir ini,Selasa (1/11/2022).

Dalam pemantauan ini, hadir juga Dandim 0417/Kerinci, Letkol Inf Ikhsanudin S.Sos.M.M, Kapolres Kerinci, Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, Zainal Efendi, SP. M.Si dan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Darifus.

Laporan Petugas Pos Pemantau Gunung Api tertanggal (30/10/2022) ke Magma Indonesia menuliskan untuk cuaca terlihat cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur laut. Suhu udara sekitar 18-24Ā°C. Kelembaban 67-71%.

Adirozal mengatakan kehadirannya di PPAG Kayu Aro untuk mempertanyakan terkait dengan peningkatan aktivitas Gunung Kerinci beberapa pekan terakhir ini kepada petugas PPAG Kerinci. “Penjelasan dari petugas untuk aktivitas Gunung Kerinci sudah mulai menurun dari beberapa hari yang lalu, asap sudah mulai putih,” ujarnya.

“Kita juga ingin menjelaskan kepada masyarakat Kerinci yang di rantau, karena mereka mengkhawatirkan dengan adanya erupsi Gunung Kerinci ini, setelah kami tanyakan kepada petugas bahwa kondisi ini merupakan kondisi biasa, masyarakat juga sudah biasa dengan kondisi ini,” katanya menambahkan.

Bupati Kerinci Dua Periode ini juga menyebutkan bahwa masyarakat Kayu Aro mempunyai kearifan lokal, dengan melihat hewan-hewan yang berada di sekitar hutan Gunung Kerinci tidak ada yang keluar atau turun kebawah. “Berarti Gunung Kerinci masih normal, bagi masyarakat Kerinci diluar daerah untuk tidak khawatir,” ungkapnya. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here