Atraksi Menarik dan Benda Pusaka Pedang ‘Sakti’ Diturunkan Saat Kenduri Sko 3 Desa Kerinci

JAMBIHARIINI,KERINCI – Berbagai atraksi menarik kenduri sko tiga desa di Tanco. Mulai dari pencak silat hingga tarian menarik yang ditampilkan. Selain itu prosesi penurunan dan penyucian benda pusaka mulai dari pedang, keris, dan senjata antik lainnya jadi perhatian ratusan bahkan ribuan warga setempat.

Apalagi saat penyucian pedang dan keris menjadi momen sakral yang wajib dilakukan saat kenduri sko di desa Koto Iman. Menurut cerita tokoh masyarakat setempat pedang kuno yang dimiliki adat koto iman merupakan pedang sakti. “Dulu sempat dibawa orang ke luar desa, tiba-tiba saja pedang tersebut kembali ke tempat penyimpanan orang adat sini, ” kata salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Pada acara kenduri sko yang dihadiri Bupati kerinci H Adirozal dan gubernur jambi yang diwakili Asraf menghadiri acara kenduri SKO yang bertempat di Depan masjid koto iman, Jumat (29/7/2022).

Acara kenduri SKO yang di selenggarakan oleh warga tiga desa, desa koto iman, desa koto salak dan desa agung koto iman, kecamatan tanah cogok (TANCO) kabupaten kerinci, Jambi.

Kenduri sko mengambil tema mengembalikan Marwah adat, menjemput yang tertinggal, menyatukan yang tercerai berai.

Bupati kerinci H Adirozal berpesan dengan adanya kenduri SKO mari kita lestarikan kebersamaan antara pimpinan dan masyarakat. yang keruh kita jernihkan dan mari kita jaga budaya kita ini, kenduri sko ini jangan sampai hilang di telan zaman.

Kades agung Koto Iman Rengki didampingi kades koto salak Wahidin dan kades koto iman edi mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan.

“Kami kades tiga desa dan para depati mengucapkan terima kasih kepada gubernur Jambi yang diwakili Asraf dan Bupati H Adirozal, sekda Zainal Efendi,dan seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir di acara kenduri SKO tiga desa ini,” ungkap kades.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here