Antisipasi Corona, Ujian Nasional Dibatalkan di Jambi

 

JAMBI – Ujian Nasional tahun 2020 untuk siswa SMA/SMK dan SLB termasuk uji keahlian bagi SMK di Jambi dibatalkan. Hal ini disampaikan dinas Pendidikan Provinsi Jambi berdasarkan surat edaran Mendikbud dan Gubernur Jambi terkait pencegahan penularan dan penyebaran infeksi virus Corona (Covid-19) di wilayah Jambi.

PLT Kadis Pendidikan Provinsi Jambi, Muhammad Syahram menyampaikan UN dibatalkan, sebagai ganti sekolah untuk menentukan kelulusan siswa bisa menggunakan nilai ujian sekolah sebelumnya.

Sedangkan sekolah yang belum melaksanakan ujian sekolah, maka berlaku ketentuan bahwa semester terakhir atau nilai rapor sekolah termasuk praktek kerja lapangan.

“Proses belajar mengajar selama masa siaga darurat penyebaran covid-19 dari 18 Maret sampai 29 Mei dilakukan belajar mandiri dari rumah,” jelasnya Jumat (27/3/2020).

Kepala satuan pendidikan bertanggungjawab terhadap proses belajar mandiri dirumah serta memastikan pelayanan administrasi sekolah berjalan efektif. Sedangkan kenaikan kelas tahun ajaran 2019/2020 tetap sesuai dengan ketentuan, pelaksanaan ujian akhir semester juga tidak boleh dilakukan dengan pertemuan tatap muka.

 “Tapi dilakukan dengan daring serta dirancang, untuk mendorong aktifitas belajar yang bermakna. Dan tidak perlu mengukur capaian kurikulum secara menyeluruh,” jelasnya. (hdp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here