Pasca Bentrok, Warga Penawar dan Pondok Beringin Sepakat Damai Dengan Catatan…

JAMBIHARIINI,KERINCI – Pasca bentrok dua desa pecah di Kerinci yakni Desa Penawar Kecamatan Sitinjau Laut dengan desa Pondok Beringin, Kecamatan Tanco di lokasi acara Kenduri Sudah Tuai dilakukan rapat tindak lanjut Perdamaian.

Rapat yang dimulai pukul 13.30 WIB menghadirkan kedua belah pihak Di Kantor Camat Setinjau Laut. Di antaranya Kapolres Kerinci, perwakilan Dandim Camat, para Kades 4 desa di Penawar dan Kades Pondok Beringin, pemuda, tokoh adat, serta perwakilan dari desa tersebut, Senin (18/7/2022) di Kantor Camat Setinjau Laut.

Kepala Kesbangpol Kerinci Redi Asri mengatakan dalam tindak lanjut sebagai fasilitator dan mediasi konflik antar desa tersebut disepakati beberapa poin penting untuk kedua belah pihak.

Pertama untuk kedua belah pihak (4 Desa Penawar dan Desa Pondok Beringin) bersepakat perkara kejadian keributan di Desa Pondok Beringin diselesaikan secara damai atau kekeluargaan.

Kedua masing-masing pihak yang hadir bertanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban serta mengendalikan warga masing-masing.

“Berkaitan dengan laporan polisi yang disampaikan oleh korban ke Polres Kerinci dan Polsek Setinjau Laut merupakan kasus pribadi dan tidak melibatkan masyarakat desa dan kelompok, ” jelas Kadis Kesbangpol

Selain itu perwakilan desa penawar yang hadir dalam musyawarah ini menemui korban untuk menyampaikan penyelesaian secara musyawarah dan mufakat dan segera disampaikan hasilnya kepada bapak camat dengan tembusan Bapak Polres Kerinci, Dandim dan Kesbangpol. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here