2015 – 2019 Kepemimpinan AJB – Zulhelmi, Angka Pengangguran dan Penduduk Miskin Turun Drastis

 

SUNGAIPENUH – Kepemimpinan Wali Kota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri dan Wakil Wali Kota Sungai Penuh, Zulhelmi, patut diacungi jempol. Pasalnya, setiap program dan pembangunan yang dilakukan selama ini selalu berpihak untuk masyarakat Kota Sungai Penuh yang perekonomiannya menengah kebawah.

Bagaimana tidak, hal tersebut terbukti dengan, selama kepemimpinan Wako AJB – Zulhelmi dari Tahun 2015 sampai 2019 saja, angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Sahalun Suhak Salatuh Bdei ini turun drastis.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, diantara Sebelas kabupaten/kota dalam provinsi Jambi, Kota Sungai Penuh termasuk memiliki laju pertumbuhan yang tinggi mencapai 5, 12 persen diatas provinsi Jambi yang sebesar 4,40 persen.

Bukan hanya itu saja, bahkan tingkat pengangguran terbuka dalam 4 tahun terakhir semakin menurun dari 8,18 persen pada 2015, menjadi 5,3 persen pada 2019, atau turun sebesar 2, 88 persen.

Persentase penduduk miskin dari tahun 2016 sampai tahun 2018 selalu mengalami penurunan.
“Pada tahun 2019 persentase penduduk miskin berjumlah 2, 81 persen dan merupakan persentase terkecil penduduk miskin dalam provinsi Jambi,” ujar Wako AJB.

Disisi lain, indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Sungai Penuh pada 2019 naik menjadi 78,26 persen, jika dibanding tahun 2018 sebesar 77,41 persen.

“Pencapaian peningkatan IPM menunjukka. Keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia melalui pendidikan, kesehatan, dan akses terhadap pendapatan,” ungkapnya.

Kedepan lanjut Wako AJB, upaya peningkatan IPM ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan melalui, peningkatan pelayanan kesehatan yang merata, peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan peningkatan pendapatan masyarakat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here